Minggu, 26 April 2020

Cara Menghentikan Akun Facebook Mengirim Otomatis Postingan Tidak Sopan

Cara Menghentikan Akun Facebook Mengirim Otomatis Postingan Tidak Sopan | Saya yakin anda yang saat ini membaca artikel ini adalah orang-orang baik yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan termasuk dalam menggunakan facebook. Namun terkadang, nama baik anda menjadi tercemar gara-gara ada postingan tidak sopan yang mengatas namakan akun facebook anda. Misal mengirim foto dan video tidak sopan di kronologi teman, ke group yang anda ikuti dan halaman yang anda sukai.

Ini sangat berbahaya, apalagi kalau group yang anda ikuti group-group resmi yang jauh dari konten-konten tidak sopan. Maka sontak teman di group akan menganggap anda adalah orang yang tidak sopan.

Bagaimana menghentikan facebook mengirim postingan tidak sopan?

Mungkin itulah pertanyaan yang telah membawa anda ke artikel ini. Selamat, anda sudah ada dihalaman ini. Mudah-mudahan dengan sedikit tips dari saya, maka masalah anda akan segera terpecahkan.

Sebelum kita masuk ke solusi menghentikan masalah facebook mengirim postingan tidak sopan, kita analisa dulu sumber masalahnya. Di sini saya akan membahas dua kemungkinan yang menyebabkan terjadinya facebook mengirim otomatis postingan tidak sopan.

Facebook mengirim postingan tidak sopan karena plugin firefox
Ciri-cirinya, facebook akan mengirim postingan secara otomatis jika anda sedang membuka browser firefox saja. Sedangkan jika anda tidak membuka browser firefox maka hal itu tidak akan terjadi. Solusinya silakan anda hapus plugin yang anda anggap mencurigakan.

Plugin tidak sopan biasanya masuk melalui modus instal aplikasi. Mungkin anda pernah download video kemudian anda diminta menginstal codec video agar bisa memutar video yang didownload. Nah sebenarnya, itu adalah malware yang akan mengirim postingan video tidak sopan. Jadi, silakan anda coba buang plugin yang berbau video codec. Caranya silakan buka mozila firefox anda kemudian klik pada pjok kanan sebelah atas, lihat gambar

kemudian silakan klik add-ons. Cari plugin yang tidaka anda kenal dan dicurigai sebagai plugin jahat. Silakan anda remove plugin tersebut. Lihat gambar


Apakah dengan cara ini masalah selesai? Kalau sudah selesai alhamdulillah. Kalau belum itu artinya saya harus share kemungkinan kedua.

Facebook mengirim postingan tidak sopan karena aplikasi pada facebook

Kita tahu bahwa facebook memiliki banyak aplikasi yang bisa membantu pengguna lebih mudah dalam mengelola akun facebook. Ada aplikasi yang memang disediakan oleh facebook, ada juga aplikasi yang disedikan oleh web atau situs lain untuk melakukan otorisasi akun facebook. Misal, mengirim berita secara otomatis di kronologi anda bahkan di digroup yang anda ikut.

Fitur ini juga patut untuk anda curigai. Mungkin anda secara tidak sengaja pernah membukan sebuah web atau situs yang meminta ijin otorisasi akun facebook. Biasanya meminta login dengan akun facebook. Untuk itu silakan anda cari aplikasi yang mencurigakan dan uninstal dari akun facebook anda.

Cara Uninstal Aplikasi Dari Akun Facebook

Lihat pada sidebar sebelah kiri akun facebook anda. Disitu ada menu aplikasi, kemudian klik lainnya agar semua aplikasi muncul. Lihat gambar berikut


Lihat daftar aplikasi seperti berikut ini


Silakan klik Pengaturan agar semua aplikasi yang terinstal kelihatan. Lihat contoh screen shoot berikut

Itu belum menampakan semua aplikasi. Untuk memunculkan semua aplikasi silakan klik Tampilkan Semua. Sekarang semua aplikasi sudah terlihat. Silakan anda analisa satu persatu, apakah aplikasi tersebut sengaja anda instal dan bermanfaat atau tidak. Kalau sekiranya tidak anda kenal dan tidak anda inginkan silakan segera uninstall dengan cara sorot pada aplikasi yang akan diuninstal kemudian klik tanda silang (hapus). Lihat screen shoot berikut


Selanjutnya anda akan mendapatkan pop up seperti ini.





Silaka centang pada hapus semua aktivitas ..... anda termasuk kiriman, foto dan video di Facebook. Kemudian klik Hapus

Lakukan langkah ini pada semua aplikasi yang anda nggap mencurigakan. Dengan cara ini semoga facebook anda berhenti mengirimkan postingan tidak sopan. Sebagai pengetahuan, bahwa jika akun facebook anda terinstal aplikasi semacam ini, maka akun facebook anda akan mengirimkan postingan secara otomatis ke teman, group dan halaman yang anda ikuti meskipun anda sedang tidak online.

Demikian cara menghentikan akun facebook mengirim otomatis postingan tidak sopan, semoga artikel ini bisa membantu menyelesaikan masalah anda. Jangan lupa juga untuk melakukan konfirmasi kepada teman-teman anda tentang postingan tidak sopan yang mengatas namanakan anda agar teman-teman anda tidak salah faham.