Sabtu, 18 April 2020

Bagaimana memilih asuransi mobil yang tepat ?

Sebagai aset yang bernilai cukup tinggi, sudah selayaknya jika mobil anda memiliki perlindungan terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi seperti misalnya kecelakaan, penyok, bahkan kehilangan akibat pencurian.

Salah satu langkah bijak yang bisa dilakukan untuk melindungi aset bernilai tinggi tersebut adalah dengan membeli polis asuransi kendaraan. Dengan pembelian polis asuransi kendaraan tersebut, setidaknya mobil anda sudah mendapatkan jaminan perlindungan dan perbaikan dari perusahaan asuransi.

 sudah selayaknya jika mobil anda memiliki perlindungan terhadap segala kemungkinan yang a Bagaimana memilih asuransi mobil yang tepat ?

Namun, untuk memilih asuransi mobil yang tepat ini memang tidak dapat dilakukan dengan tegesa-gesa dan sembarangan karena akan berimbas pada keuntungan dan seluruh layanan yang akan didapat serta kenyamanan anda sebagai nasabah perusahaan asuransi tersebut.

Pada artikel berikut ini, ombro akan berbagi tentang bagaimana memilih asuransi mobil yang tepat sehingga keuntungan yang dijanjikan pihak asuransi mobil bisa dirasakan manfaatnya oleh anda sebagai nasabah perusahaan asuransi tersebut.


1. Lihat reputasi perusahaan


Hal paling pertama dalam memilih asuransi mobil yang tepat adalah dengan melihat reputasi perusahaan asuransi secara menyeluruh. Perlu diketahui bahwa jumlah perusahaan asuransi di Indonesia ini sangatlah banyak, belum lagi dengan segala layanan tambahan yang bisa saja membuat bingung kita dalam memilih asuransi mobil.

Tidak perlu tergesa-gesa dalam memilih perusahaan asuransi mobil yang tepat, setidaknya perhatikan beberapa hal berikut saat memilih perusahaan asuransi mobil

Kredibilitas Perusahaan

Kredibilitas perusahaan menyangkut dengan citra perusahan dan reputasi mereka di tengah masyarakat luas. Semakin tinggi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan tersebut bisa menjadi indikator kalau perusahaan tersebut kredibel dan layak untuk dipertimbangkan.

Pertimbangkan Rasio Keluhan Pelanggan dan penanganannya

Gali informasi mendalam melalui offline ataupun online terkait rasio keluhan pelanggan dan penanganannya. Perhatikan tingkat keberhasilan dalam penyelesaian terhadap keluhan nasabah yang sudah dilakukan. Semakin tinggi tingkat penyelesaiannya maka ini bisa menjadi indikator kelayakan untuk menggunakan layanan mereka.

Bengkel Rekanan Perusahaan

Banyaknya bengkel rekanan perusahaan asuransi turut menjadi pertimbangan saat memilih asuransi mobil. Pilih perusahaan asuransi mobil yang memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas dan bisa dipercaya, terlebih pilih yang jaraknya dekat dengan rumah atau kantor anda.

Selain itu, perhatikan juga kualitas perbaikan yang dihasilkan dari bengkel rekanan tersebut. Dengan begitu setiap ada klaim, anda juga akan mudah dan cepat untuk menerima informasi-informasi terbaruya.

Fitur layanan yang diberikan

Pertimabangan selanjutnya dalam memilih perusahaan asuransi mobil yang tepat adalah fitur layanan yang diberikan. Seperti misalnya layanan derek dan ambulans 24 jam dimanapun atau layanan fasilitas mobil pengganti saat mobil anda masuk ke bengkel. Semua fitur ini akan membuat anda lebih nyaman dan aman ketika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Prosedur Klaim

Perusahaan asuransi yang baik, kredibel dan bisa dipercaya tentu akan menangani klaim nasabahnya secepat mungkin yang bisa mereka lakukan. Fasilitas Call Center 24 jam bisa menjadi indikator tingkat pelayanan yang diberikan.

Cari tahu dan perhatikan seberapa banyak klaim nasabah yang sudah diterima dan diproses tuntas oleh perusahaan asuransi tersebut. Jangan memilih perusahaan asuransi hanya karena sudah memiliki nama besar, sementara kinerja dan pelayanannya terhadap nasabah begitu buruk dan lambat.

Anda dapat mencarinya melalui layanan internet, forum-forum, komunitas, atau dari website resmi mereka. Jadikan hal ini sebagai bahan pertimbangan dalam memilih sebuah perusahaan asuransi mobil yang tepat.


2. Sesuaikan dengan kebutuhan


Setelah menentukan dan memilih perusahaannya, langkah berikutnya adalah memilih jenis asuransi mobil yang akan digunakan. Untuk memilih asuransi mobil ini sebaiknya di dasarkan pada kondisi mobil dan usia mobil tersebut.

Sebagai contoh untuk mobil baru, sebaiknya pilih asuransi mobil jenis all risk karena asuransi ini menjamin hampir semua resiko yang mungkin dapat terjadi pada kendaraan anda seperti kecelakaan berat, sedang, ataupun kecil.

Baca juga :

Namun, jika mobil Anda sudah tidak baru, pilihan asuransi jenis total lost only (TLO) bisa menjadi pertimbangan lain agar lebih hemat dalam hal pembiayaan.

Pastikan untuk memilih jenis asuransi mobil yang sesuaikan dengan kebutuhan karena hal ini akan menentukan besarnya biaya premi yang harus anda bayarkan selain dari jenis claim yang dapat diajukan.

Besaran premi yang dibayarkan tentu akan mempengaruhi manfaat dan juga perlindungan yang akan didapatkan. Meskipun begitu, jangan memaksakan diri untuk mengambil sejumlah premi yang terbilang besar namun berada di luar kemampuan keuangan Anda.

Mempertimbangkan kemampuan keuangan yang Anda miliki dengan keuntungan yang akan didapat dari produk asuransi pilihan adalah langkah bijak yang perlu anda lakukan. Pilihlah produk asuransi mobil yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan yang Anda miliki.


3. Perhatikan keuntungan produk dan ketentuan polis asuransi secara rinci


Setiap jenis asuransi mobil, tentunya akan memberikan manfaat serta keuntungan yang berbeda-beda, tergantung dari jenis dan juga fitur layanan yang Anda butuhkan. Pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu secara rinci apa saja keuntungan dan bentuk perlindungan yang akan diberikan oleh asuransi mobil yang akan Anda beli.

Umumnya, segala ketentuan dan keuntungan produk asuransi yang diambil sudah masuk dan tercatat dalam polis asuransi. Contohnya tentang hal apa saja yang di klaim, bagaimana syarat pengajuan dan proses klaim dan berbagai hal lainnya.

Oleh karena itu, memahami setiap poin dalam polis asuransi menjadi hal yang sangat penting. Hal ini berguna agar dikemudian hari tidak terjadi kesalahpahaman yang dapat merugikan antara kedua belah pihak.


4. Bandingkan dengan produk asuransi sejenis dengan perusahaan yang berbeda


Ketika kriteria perusahaan asuransi yang akan dipilih sudah anda dapatkan, tidak ada salahnya untuk melakukan perbandingan terhadap produk asuransi yang sama namun berasal dari perusahaan asuransi yang berbeda.

Bandingkan setidaknya dua atau tiga produk asuransi mobil andalan yang akan dijadikan pilihan dari sekian banyak produk asuransi mobil yang tersedia.

Selain itu, jika kebetulan anda membeli mobil baru, tidak ada salahnya mempertimbangakn rekomendasi perusahaan asuransi dari pihak dealer yang menurut mereka cukup bagus dan dapat dipercaya.

Dengan begitu anda dapat mengetahui gambaran yang diberikan sehingga dapat memperkirakan layanan asuransi dari perusahaan mana yang paling tepat dan bisa menjadi pilihan anda. Selamat memilih !

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Asuransi-Mobil